BloonOnline GoTemplatez VersiEdan
Facebook Twitter You Tube Friendfeed
Blog Seo Intermezo

Intermezo Sejenak : Qurban

Seperti biasa setiap idul-adha di rumah pasti ramai, sedulur sekampung yang jago-jago potong hewan pada berdatangan berkumpul. Dan Seperti biasa setiap idul-adha se-isi rumah pasti sibuk, yang perempuan menyediakan makanan dan membungkus hewan qurban untuk di bagi-bagikan, sedangkan yang lelaki memotong, menyisit dan mencercah tulang-tulang hewan qurban.

Ya Alloh terimalah persembahan qurban kami kami ini.

Dan kebetulan saat lagi surfing saya menemukan sebuah puisi bagus dari si burung merak “ W.S Rendra”. judulnya “ Hanya Sebuah Titipan”. puisi yang menurut saya paling populer di posting oleh para blogger lain.

Puisi ini saya copas juga , tuk saya jadikan momentum dalam rangka menyambut hari raya “ Idhul-Adha “. Sekaligus puisi ini ingin saya renungkan semoga segala apa yang saya hadapi akhir-akhir ini , dan juga keinginan yang sampai saat ini belum jelas juga juntrunganya, saya bisa hadapi dengan  sikap Ikhlas, pasrah sumerah.

Semoga  saya bisa menhadapi ini layaknya seperti sifat air yang mengalir dan selalu mengalir.

Hanya Sebuah Titipan

Sering kali aku berkata, ketika orang memuji milikku, bahwa:
sesungguhnya ini hanya titipan,
bahwa mobilku hanya titipan Allah
bahwa rumahku hanya titipanNya,
bahwa hartaku hanya titipanNya,
bahwa putraku hanya titipanNya,

Tetapi, mengapa aku tak pernah bertanya,
mengapa Dia menitipkan padaku?
Untuk apa Dia menitipkan ini padaku?
Dan kalau bukan milikku,
apa yang harus kulakukan untuk milikNya ini?

Adakah aku memiliki hak atas sesuatu yang bukan milikku?
Mengapa hatiku justru terasa berat, ketika titipan itu
diminta kembali olehNya?
Ketika diminta kembali, kusebut itu sebagai musibah,
kusebut itu sebagai ujian, kusebut itu sebagai petaka,
kusebut dengan panggilan apa saja untuk melukiskan bahwa
itu adalah derita.

Ketika aku berdoa,
kuminta titipan yang cocok dengan hawa nafsuku,
aku ingin lebih banyak harta, ingin lebih banyak mobil,
lebih banyak popularitas, dan kutolak sakit, kutolak kemiskinan,
seolah semua "derita" adalah hukuman bagiku.

Seolah keadilan dan kasihNya harus berjalan seperti matematika:
aku rajin beribadah, maka selayaknyalah derita menjauh dariku,
dan nikmat dunia kerap menghampiriku.
Kuperlakukan Dia seolah mitra dagang, dan bukan kekasih.
Kuminta Dia membalas "perlakuan baikku".
dan menolak keputusanNya yang tak sesuai keinginanku.

Gusti, padahal tiap hari kuucapkan, hidup dan matiku hanyalah untuk
beribadah...
"Ketika langit dan bumi bersatu, bencana dan keberuntungan sama saja".

WS Rendra

Selamat hari raya idhul adha.

Page views this post: reader

45 komentar:

Kristina Dian Safitry said...

kang, jatah untuk saya mana?kok aku gak kebagian kambingnya ya?he..he...btw, met met idul adha juga ya...

JALOE said...

@ Kds

heheheh.. jatahnya sy kirim via email saja..xixixiixixixxi

belly wijaya said...

wow..puisinya dahsyat sekali, renungan yg baik utk hari raya ini.
Met idul adha aja buat kang Jaloe sekeluarga,

JALOE said...

@ Belly W

Makacih bang... and puisi-nya dahsyat karena di buat oleh pakarnya ..hehehehe

Cebong Ipiet said...

met idul adha kang?
kurban apa kang? bukan kecebong kan?

JALOE said...

@ Cebong Ip

hehehe.. mungkin hari ketigaxx kayaknya kurban kecebong...xixixixi

AiWY said...

Salam kenal ya... Met idul adha...

adeska said...

Puisi yang menggetarkan nurani!
Semoga semangat dan karakter qurban, senantiasa kita hayati dan amalkan.
Selamat Idul Adha 1429 H.

suryaden said...

Kalo semua sadar hanya titipan, mungkin gak ada koruptor dan jambret ya mas...
Kalo koruptor ato penjahat kurban kambing...dapet pahala nggak ya...ato memang "titipan" harus dikembalikan...grrr...gemes..gemess...gemessss

motivasi said...

blognya bagus. Makasih nih atas artikelnya yang bermanfaat, agar kita kita nanti bisa pinter ngeblog dan yang buat artikel lebih pintar lagi biar bias membuat artiikel yang lebih bagus dari sebelumnya.
http://hidup-bijak.blogspot.com/

motivasi said...

blognya bagus. Makasih nih atas artikelnya yang bermanfaat, agar kita kita nanti bisa pinter ngeblog dan yang buat artikel lebih pintar lagi biar bias membuat artiikel yang lebih bagus dari sebelumnya.
http://hidup-bijak.blogspot.com/

andi8lumut said...

Rupanya panutan saya hoby baca puisi juga ya.. Met IDUL ADHA, . .

indra putu achyar said...

allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar... laa illahaillalah hu allah hu akbar, allahu akbar walillah hilham...met hari raya idul adha mas....

idotkontji said...

met idul adha semua ya... saya mau nyate nyari arang nggak ada...

indungg said...

Selamat Hari Raya Idhul Adha juga kang,..
Mari kita teladani semangat korban para pendahulu,..

yilu said...

http://www.europehandbag.com/


Buy now, get the nice key holder or chain at zero cost!

It wouldn't be a perfect Christmas without our annual Christmas sale promotion! It is the best opportunity to get an expected handbag for this upcoming holiday. From 1st Dec to 5th Jan, 2009, you will get a super nice Louis Vuitton key holder or chain at zero cost ( shipping cost of gift is also free) for any item you purchase from us at our website, the value of the gift will depend on items purchased in one order.

Panda said...

selamat Idul Adha juga suhu :)

sharing said...

met Idul adha... sudah berkorban belum, kalau belum... korbannya bisa diganti dengan tutorial yang gress..he..eh..he..

Belajar ngeBlog said...

wheww, mantapp, dalem bangettt
makasih pencerahannya kang

I/O ==> Ilmu Online said...

titipan ????!!!!
jadi jangan sampai kita marah atau benci bila sesuatu nantinya kan diminta lagi olehNYA...

Anang said...

turut berduka buat para kambing....

thom said...

Selamat Idul 'Adha juga :)

Met Nyate juga yak :)
hihihihi

JALOE said...

@ Yilu

hmmm.. aya..aya wae :(

bunda said...

subhanallah..selamat berqurban kang jaloe

nepangkeun..saya yg baru belajar ngeblog


ngiring ulubiung mugia katampi

abahrafi said...

pak haji, mohon ijin masukin link ini di tempat aku....makasih bang haji

zlam said...

Jakarta beraroma "kambing' jelang Idul Adha kemarin....
Apa kabar Bro...lama gue gak mampir nih...

Anonymous said...

Post Your Comment (Lewat Form Komentar Jadul Juga Boleh?)



" Apapun Yang Dapat Anda Lakukan, Atau Ingin Anda Lakukan Mulailah

Keberanian Memiliki Kecerdasan, Kekuatan Dan Keajaiban Di Dalam-nya"

Makacih Atas Komentar-Nya

Anonymous said...

I am constantly drawn to cream colored leathers. Browns and whites can be harsh at times, so adding a bit of cream to tone it down is the perfect option. And whites do not have to stop being worn after Labor Day, in fact winter whites are perfectly luxe for the season. But I typically opt for a white that is creamier. And the soya cream leather on the Miu Miu Wooden Handle Tote offers a feeling of winter resort. The wooden handle does give the bag a very resort feel, but would look perfect in a more tropical area (like South Florida). The wooden handle may not fit on your shoulder well, and even if it did it may grind into your shoulder a bit. Of course Miu Miu added in an optional detachable shoulder strap. I adore this bag, adore the color of the leather, and adore the wooden accent.
I would like to share with you!
http://www.europehandbag.com/miu-miu/vitello-lux-large-patent-leather-shopper-bag-88049-white.html

JALOE said...

@ Anonymous

he2 kalau mau jualan ..entar sy bikin lapak baru .. di emeperan sih tapi lumayanlah.. aman ngga bakalan di gusur kantibmas :P

roni said...

salam kenal,ijinkan aku belajar disini :)

Robby said...

Semua milik kita hanya titipan Illahi. Menyentuh puisinya mas. O ya satenya bru tadi malam habis. tadi malam manggang sate sama kawan2 dan malam itu juga habisnya jadi gk sempat bagi2 ...

Selamt idul adha mumpung lom habis....

semoga kita bisa menjadi manusia yg lebih baik lagi

lusia said...

Hi Friend,My Blog walking with a smile,hope you'll do the same.thanks.
http://www.icineworld.blogspot.com/
http://www.poemstips.blogspot.com/
http://www.onlinebusinesscourse.blogspot.com/

sandy said...

meskipun telat gpp kan kang ngucapin met idul adha.

hehe..

Lyla said...

maap kang baru berkunjung lagi telat nih ngucapin selamat hari raya idul adha 1429 H. soalnya inetku 4 hari mati :(

brigadista said...

datang ke mari dengan membawa alat panggang,... mana dagingnyaa bang rhoma,..he he heee

Bang Ir said...

salam idul adha

Ren said...

jalu, jalu, apa kabaaar... harusna aku yg pertama kasih komentar, pas posting muncul, aku lg nongkrongin blog ini cr2 cerita kamu kelanjutan praktekin ilmu webhosting gratisan (tp sayang mati lampu hu hu hu, ga jd yg pertama dehhh)

nah, sekarang dilanjut aku menantikan kisah lanjutan soal itu loh, dan daku tak sendiri (hi hi hi)

neng said...

Di dalam tubuh kita ada jiwa kebinatangan, maka bersamaan dengan dipotongannya hewan qurban “apakah jiwa kebintangan kita ikut tersembelih?”
Jika “tidak”; gagal sudah kita memaknai Idul Adha….

Lyla said...

met malam kang.... met malminggu yaa :)

AiWY said...

kunjungan pagi...
joging yok mas...

bunda said...

kang jaloe mestinya udah bisa belajar ikhlas dan pasrah ya..semoga mendapat ganti dari Allah yang lebih baik lagi. salam dari bunda

harry said...

wah puisinye..............panjang amat pak haji yah.......

Syamsul Alam said...

Halo... mas Jaloenya ada apa gak, yah? Ada pe-er tuh mas, dari saya.... huehueheu.......

nara said...

met idul adha buat suhu, maaf baru menggerayangi...hikzz :(

lagi mumet dan sibuk suhuuuuu...

btw..blognya suhu yang WP apaan yakkkk

gus said...

intermeso sejenak Kang. Kiranya Kang Jaloe bersedia nengokin awward untuk apresiasi buat Kang Jaloe yang hari ini saya pasang di blog saya

Post a Comment

" Apapun Yang Dapat Anda Lakukan, Atau Ingin Anda Lakukan Mulailah

Keberanian Memiliki Kecerdasan, Kekuatan Dan Keajaiban Di Dalam-nya"

Makacih Atas Komentar-Nya

 

Copyright 2009. Home | Serba Serbi Google | XHTML | CSS Design by Catalog-Tutorial